Kirab Legondo Klaten

Kirab Legondo Klaten

Kirab Legondo sumber : solopos

Klaten adalah sebuah kota satelit di sebelah barat daya Solo, dari jaman Mataram Islam klaten sudah masuk dalam wilayah Kerajaan. Klaten mempunyai 1 tradisi yang sampai sekarang masih dipertahankan yaitu Kirab Legondo.

Kirap Legondo memiliki makna khusus bagi warga desa setempat. Legondo bagi mereka diartikan lega ing dada (lega di dalam dada). Tutus atau tali dari belahan bambu yang terikat pada bungkus legondo sebagai simbol kautus yang berarti utusan dari mana-mana datang ke Dukuh Sepi untuk saling mempererat tali silaturahmi. Jika sebelumnya hanya tersaji saat 1 Muharam tiba, legondo kini sering disajikan ketika warga menggelar hajatan.

Menurut sejumlah sesepuh desa legondo itu dibuat Sunan sebagai salah satu cara untuk menyiarkan agama Islam ke warga, banyak warga berharap legondo bisa menjadi salah satu ikon Desa Barepan seperti apam yang sudah terkenal sebagai jajanan khas Kecamatan Jatinom, Klaten.

Dengan adanya sejarah seperti itu, sebenarnya memungkinkan untuk di olah menjadi sebuah desa wisata yang bisa memberikan keuntungan ekonomi untuk warganya.

Maka dari itu beri saya kesempatan untuk membangun Jawa tengah dengan memilih saya untuk menjadi anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024.

Eko Hariyanto, S.E, S.Sos